Berpikir untuk memiliki iPad Pro 2018 ?

Panggil saya Apple fanboy, tapi saya punya alasan buat itu dan akan saya ceritakan nanti. Saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman saya menggunakan iPad Pro 2018 dan mungkin akan membantu anda untuk memutuskan akan membeli atau tidak, atau jika memang mau memiliki satu, apakah anda akan pakai yang 11 inci atau 12.9 inci sekalian ?

Kenapa iPad ?

Mungkin bagi sebagian besar orang, iPad atau tablet phone atau phablet atau apapun sebutannya, sudah agak ditinggalkan saat ini ya. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini, pertama adalah karena smartphone sudah semakin smart dan pastinya semakin besar! Kalau dulu iPad 1 dikeluarkan, kalau ngga salah iPhone itu masih berukuran 4 inci layarnya. Jadi memang kontras sekali bedanya. Saya termasuk orang yang sempat memiliki iPad pertama, dan menggunakan virtual keyboard yang seakan-akan fullsize itu koq rasanya seperti menggunakan sesuatu yang tadinya cuma ada di film-film sains fiksi seperti Startrek.

Setelah era iPad 1, smartphone pun berkembang, yes literally berkembang semakin besar. Kalau dulu kita melihat Samsung Galaxy Note itu seperti handphone yang obesitas, ya lihat aja saat ini. Jadi intinya, tablet sudah ditinggalkan oleh kebanyakan orang, apalagi kalau yang ukurannya 9.7 inci bahkan 12 inci! Maksudnya, kalau seseorang ngga punya intensi khusus untuk memiliki tablet, ya ngga akan dia beli.

Disinilah iPad Pro mendapatkan rumahnya…

IPad Pro dimunculkan oleh Apple seperti di saat cerita saya tadi. Orang sudah ngga melirik tablet, iPad Air pun ya begitu-begitu saja, Samsung pun sepertinya mengeluarkan tablet nya hanya karena biar ada kompetitor dengan lini iPad saja. Bahkan, Google Playstore developer juga ngga banyak membuat applikasi yang tablet friendly.

Dengan berbekal dua kelebihan, layar ekstra besar 12 inci plus diperkenalkannya Apple Pencil yang revolusioner, konsumer tablet yang memang merindukan kebutuhan tablet dengan layar lebar yang memungkinkan mereka buat menggambar dengan menggunakan “stylus” yang mendekati pensil beneran, aplikasi keren yang memang dibuat khusus untuk iPad, bahkan Apple dengan layar ekstra besar dan jernih! Ipad Pro seperti memiliki die-hard fans yang sangat ingin menggunakan dan mengoptimalkannya.

Jadi itu dia kelebihan iPad Pro dibandingkan kompetitornya di saat ini. Saya pernah menggunakan iPad dengan stylus bahkan sekelas Adonit Jot, namun menggunakan iPad Pro dengan Pencil memang beda rasanya. Terasa natural banget dan ya memang Pencil dibuat khusus buat iPad Pro dan sangat solid.

Silahkan google review iPad Pro 2018 dan videonya di Youtube, yang pasti, iPad Pro 2018 ini adalah revolusi terbesar yang Apple pernah lakukan pada iPad! Form factor yang dirombak habis, mulai dari desainnya yang lebih meruncing, layar full screen tanpa tombol hingga kamera yang high-spec. IPad Pro 2018 ini seakan dikemas seperti produk apple yang modern klasik lah. Pengguna iPhone 5 dan 5S akan langsung jatuh cinta melihat desain iPad Pro 2018 ini! belum lagi warna Space Grey dihadirkan khas Apple banget

Apple Pencil 2 juga memiliki beberapa perbedaan dengan Pencil yang pertama. Pengisian daya dilakukan dengan menggunakan magnet ke sisi iPadnya dan bukan dicolok ke port charger iPad-nya.

Soal aplikasi, jangan ditanya. Anda bisa menemukan berbagai aplikasi yang menarik dan bahka beberapa memang Made for iPad yang membuat pengalaman menggunakan tablet tidak akan bisa disamakan dengan interface smartphone. IPad Pro 2018 ini spesifikasinya super banget, seakan-akan teknologinya ngga akan luntur hingga 2 – 3 tahun kedepan. Saya pribadi menggunakan iPad untuk menggambar, menulis note hingga mengedit video! Ya, selamat tinggal laptop, macbook untuk mengedit video, banyak Pro App yang ada di App Store siap digunakan dan ngga kalah canggih dibanding aplikasi laptop.

Dipasangkan dengan iPhone, saya ngga perlu lagi membeli iPad yang versi selular. Bila saya memerlukan koneksi internet, personal hotspot sangat mudah diaktifkan dari setting iPadnya.

Menggunakan iPad yang tidak memiliki selular pun artinya iPad akan lebih hemat baterai. Walaupun saya belum mencoba kecepatan fast charging, pengisian baterai dibanding dengan daya pakainya sangat berbeda jauh lah.

IPad Pro 11 inci atau 12.9 inci ?

Ini juga pertanyaan yang muncul di benak saya dan saya takut sekali salah menentukan pilihan! Selisih antara layar 11 dan 12.9 juga ngga terpaut jauh, apalagi kalau bayarnya dicicil via installment kan ?! Hahaha

Dan saya pun merasa tepat menjatuhkan pilihan pada iPad Pro 2018 berukuran 11 inci! Kenapa begitu ? Ini alasannya…

  • Pada umumnya, saya akan menggunakan iPad ini untuk bekerja, membuat catatan dan banyak menggunakan Apple Pencil. Dengan ukuran 11 inci, iPad ini masih tampak seperti buku tulis ukuran A4! Ya, percayalah, ukuran 11 inci ini sangat ideal untuk dibawa seperti hal nya membawa buku saja.
  • Untuk main game, masih ok memegang layar 11 inci dengan kedua tangan dan digerakkan kekiri dan kanan
  • Ukuran 11 inci ini mengingatkan saya pada netbook jaman dulu. Seakan akan menggunakan iPad 11 inci ini memang representing simplistic dan portability. Saya belum punya Keyboard Folio, tapi pasti akan membuat pengalaman menggunakan iPad ini makin produktif dan keren!
  • Ringan, ya kalau ini mungkin jelas lah. Tapi ukuran 11 inci ini karena ukurannya masih sebesar buku, saya ngga perlu mengggunakan atau membeli tas carrier khusus untuk membawanya.

Jadi, iPad pro 2018 ini memang game changer untuk pasar tablet. Bentuknya yang represent kata Profesional nya, Apple Pencil (2) yang sangat memukau penggunaannya plus baterai yang luar biasa untuk pemakaiann sehari-hari.

Apakah iPad akan menggantikan iPhone atau smartphone ?

Disinilah Apple memang menegaskan garis merah antara smart phone dengan tablet! Walau iPad Pro hadir dengan pilihan selular alias bisa menggunakan SIM card, bukan berarti iPad menjadi alat komunikasi seluler yang straightforward. Untuk pengalaman penuh dalam menggunakan smartphone, Apple tetap menjaga lini iPhone berada di target market tersebut. Saya tetap menggunakan iPhone untuk daily driver saya, dengan iPad yang memiliki fungsi yang terpisah dan bahkan complementing satu sama lain.

Apakah iPad Pro 2018 dapat menggantikan laptop ?

Ini sebenernya sudah banyak reviewnya di website maupun Youtube. Intinya, ini tergantung dari untuk apa kita gunakan laptop saat ini. Kalau kita adalah digital artist yang menggunakan digital pen buat gambar, ya pakai iPad Pro ini sudah seperti menggunakan pen and paper kemanapun kan. Untuk saya sendiri, saya sudah menjual MacBook Pro saya dan hanya menggunakan iPad dan iPhone untuk keperluan komunikasi kami. Laptop milik perusahaan ngga akan saya hitung ya…

Jadi itu dia seharing saya mengenai iPad Pro 2018. Ini adalah tablet yang super canggih, super responsif, sangat indah dan solid!

Berikutnya nanti akan saya share beberapa aplikasi yang saya gunakan dan aksesori beserta review lainnya ya, cheers!