Apple

Akhirnya, iPad Air & iPad Mini 2019!

Beberapa minggu terakhir ini, saya mengikuti beberapa vlog dan youtube channel yang membahas seputar topik apa yang akan Apple luncurkan pada Apple Event 25 Maret nanti. Mulai dari spekulasi Airpods 2 (ini yang bikin saya akhirnya nunggu ngga beli seri 1 nya), iPad mini, Air Power (wireless chargernya Apple) dan beberapa Apple Services lainnya.

Yang mengejutkan adalah silently Apple mengupdate website nya dengan memperkenalkan iPad Air 2019 dan iPad Mini 2019!

Dari form factornya, Apple tetap mempertahankan bentuk iPad Air klasik dan bukan menggunakan tarikan garis tegas ala iPad Pro 2018. IPad Air ini juga akan mensupport Apple Pencil 1 dalam penggunaannya.

Sama saja dengan iPad Air, ternyata iPad Mini juga dirilis dengan bentuk yang sama dengan iPad Mini sebelumnya

Kedua iPad ini tetap menggunakan bezel yang tebal di bagian atas dan bawahnya, plus tetap menggunakan Home Button dengan taptic engine dan Touch ID. Ipad Mini juga sudah mendukung Apple Pencil 1 untuk penggunaannya.

Kalau mau tahu spesifikasi dari kedua device ini, silahkan lanjut ke Website Applenya, dan seperti biasa, Apple selalu mendeskripsikan produknya dengan cara yang unik. Nah, yang mau saya tulis disini sebenernya bukan soal kedua produk ini dan kenapa modelnya ngga disamakan dengan iPad Pro 2018, tapi adalah mengapa Apple membuat mereka mensupport Pencil 1! Menarik bukan ? Disaat iPad Pro 2018 dipromosikan dengan Pencil 2 yang lebih revolusioner dan smart, kedua produk ini malah diluncurkan dengan Pencil 1, yang notabene berarti tetap mensupport Lightning Connector untuk pengisian daya Pencil nya.

Kalau saya melihatnya begini, Apple itu sangat memperhatikan apa yang namanya kontinuitas dan kelas. Kedua hal ini tuh kalau saya lihat, kadang Apple koq agak gambling ya saat merilis produknya. Contohnya, saat iPad Pro sangat identik dengan Apple Pencil, di 2017 Apple merilis iPad dengan support Pencil. Saat itu pun saya sangat tertarik buat memiliki iPad dengan support Pencil ini, namun setelah iPad Pro 2018 dirilis dengan segala kecanggihan dan distinguished design dan specification, saya pun membulatkan tekad untuk bela-belain punya satu!

Yang terjadi disini adalah Apple tahu bahwa pengguna iOS dan Apple product itu sudah tersegmen dan produknya sendiri jarang overlapping. Di satu sisi, saat saya membeli iPad Pro 2018 pun saya berpikir, apakah ini akhir dari Pencil 1 ? Kayanya Pencil itu kan sudah ada sejak iPad Pro pertama dan apakah (saat itu) Apple memang mau memusnahkan pasar Pencil 1? Yang sekarang terjawab..tidak. Dengan iPad Air dan Mini ini, Apple ternyata tetap menjaga kontinuitas dari keberadaan Pencil 1. Apple ngga akan serta merta “membuang” produk yang sudah mereka jaga bertahun-tahun. Dan dilain sisi, iPad Pro 2018 tetap didudukkan di kelas King of iPad dengan bentuknya yang beda sendiri, USB C serta Pencil 2 yang saat ini hanya kompatibel dengan iPad Pro 2018.

Disinilah saya selalu melihat Apple benar-benar memikirkan strategi riset development dan bisnis mereka yang membuat produk-produk mereka itu tetap ada dan digunakan dengan seharusnya. Not to mention masih ada kan orang yang menggunakan iPhone 7 atau 8 dan suka dengan Touch ID dibanding Face ID. Itulah kita bisa lihat kedua iPad baru tersebut tetap menggunakan home button.

Itu dia pemikiran saya saat melihat kedua iPad itu. Salut dengan Apple untuk cara mereka memaintain produk-produknya.

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: