Apple Smart Keyboard Folio untuk iPad Pro 11..!

Masih soal iPad Pro 11 yang saya miliki, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil langkah berani dalam hidup saya untuk… membeli keyboard untuk iPad Pro ini!

Kenapa berani? Yaaa soalnya karena koq kayanya masih terlalu dini untuk membeli terlalu banyak aksesoris buat iPad Pro ini, harga keyboard Smart Folio ini juga ngga murah. Sejauh ini saya browse di beberapa online shop, pilihan alternatif keyboard iPad Pro 2018 ini memang ngga terlalu banyak. Ada sih beberapa opsi yang harganya sangat murah di bawah 1 juta, tapi koq saya masih ragu aja buat membelinya dibanding dengan Smart Keyboard Folio ini. Namun, setelah browse sana sini plus liat review di Youtube, koq sepertinya orang akan kembali kepada opsi untuk menggunakan Smart Keyboard Folio ini dibanding opsi third party lainnya yang notabene sepertinya masih didominasi produk dari Cina.

So, without further due.. ini diaaa

Sebenernya keyboardnya udah sampai di kost tadi siang, namun karena lagi keluar rumah dan baru sampai, ini dia packing dari Smart Keyboard Folio! Impresi saya setelah membuka packing bubble wrap dan lainnya dari seller tempat saya beli adalah.. ternyata kardusnya lebih kecil dari yang saya kira.. hehe. Emang baru nyadar juga sih karena kan iPadnya juga ngga gede-gede banget. Kalau namanya unboxing, anda bisa liat di Youtube lah ya, sudah banyak yang menerangkan isi dari box Smart Keyboard Folio ini.

Dan sama seperti yang diceritakan reviewer di Youtube maupun di website, material dari Keyboard ini lebih ke bahan plastik dibanding kulit atau bahkan kulit imitasi. Ini lebih kaya plastik latex gitu kali yah, shiny tapi doff juga. Warnanya hitam dull, tapi dipadukan dengan iPad berwarna space gray ini jatunya sih oke banget perpaduannya. Ngga tau kalau dipadukan dengan silver yang lebih terang jadinya gimana.

Untuk permulaan, post ini saya ketik menggunakan Keyboard Folio dan diletakkan diatas pangkuan saya! Dan menurut saya, keyboard ini amazing! Ya, namanya penyesuaian pasti ada saat ini, typo dan jari agak pegel pasti lah, namanya baru membiasakan menggunakan barang baru, namun sejauh ini, saya hanya membutuhkan sekitar 3 – 5 menit pertama saja buat membiasakan diri, hingga paragraf ini, jari saya sudah relatif “menari” diatas papan keyboard yang menurut saya sih bunyinya agak unik yah.. ngga “clicky” kaya keyboard pada umumnya, tapi ya unik. Saya cukup “menahan” keyboardnya dengan telapak tangan kiri saya dan keyboardnya cukup tertahan di pangkuan saya dan ngga kebanting-banting banget.

Seriusan, ini keyboard yang unik, nyaman dan mudah digunakan, jarak antar tuts menurut saya terasa natural, pas dan mudah dihafal sejauh ini. Saya akan mencoba mencari list shortcut yang ada pada keyboard ini, karena ini juga kelebihan Keyboard Folio ini dalam menggunakan iPad Pro. Jadi, kesimpulannya, apakah anda memang suka mengetik atau tidak, Apple Smart Keyboard Folio ini worth untuk dimiliki sekali. Sebelumnya saya pernah juga mencoba mengetik dengan menggunakan virtual keyboard pada layar iPad, namun ya tetap saja, keyboard fisik dengan papan ketik lebih enak digunakan pada tablet dibanding virtual keyboard.

Yang pasti juga, saya akan makin ketagihan menulis ini jadinya !

Oiya, di beberapa review saya melihat ada komplain mengenai posisi papan ketik saat keyboard dilipat kebelakang, misalnya saat kita akan menggunakan iPad sebagai tablet seperti biasa, nah, keliatannya sih karena sisi belakangnya ini adalah magnet, Apple mendesain agar kita mudah melepas iPadnya dari Keyboard Folio ini kalau mau digunakan sebagai tablet. Mudah atau tidaknya, nanti akan saya coba review lagi setelah saya pakai beberapa hari atau minggu oke?!