Apple Tulisan bebas

Simple hack buat Airpods control

Jadi, pada dasarnya Airpods terlahir tanpa tombol apapun. Yang ada hanya kontrol double-tap pada salah satu sisi Airpods untuk mengaktifkan Siri ataupun fungsi lainnya sesuai dengan pengaturan yang anda buat.

Kemudian apa lagi…?

Ya.. ngga ada lagi. Itu aja tombol kontrolnya..!

Sepertinya, Airpods memang didesain untuk dikendalikan dengan menggunakan Apple Watch. Apabila anda menggunakan Airpods dengan memakai Watch, anda sangat beruntung karena semua kontrol yang diperlukan ada disana, khas Apple.. seamless, hassle free..

Lain halnya seperti saya yang ngga punya Apple Watch, pada dasarnya hampir ngga mungkin untuk mengontrol Airpods selain dari pada menggunakan double-tap tadi, menggunakan voice control “Hey Siri” atau ya mengeluarkan iPhone dan tekan kontrolnya dari sana. Akan tetapi, mungkin ada beberapa dari anda yang tahu bahwa, apabila anda juga sama seperti saya yang hobi berlari, atau singkatnya punya jam Garmin, jam anda mungkin sudah dilengkapi dengan fitur Music Control! At least, yang sudah saya tahu ada music controlnya adalah Fenix 5 (pasti sama dengan abang adiknya, Fenix 5S dan 5X), Vivosport dan VivoSmart 3. Fitur ini sebenernya suka saya gunakan kalau lagi gym di tempat fitness dan saya memasang musik lewat iPhone yang dipair dengan speaker Bluetooth, saya cukup menggunakan kontrol di jam Fenix 5 untuk memutar maju, mundur track dan menaik-turunkan volume tanpa harus memegang handphone saya.

bagaimana caranya, ini dia contoh sederhananya:

pastikan Airpods sudah terpasang di telinga anda ya..

Ini dia jam saya, aktifkan dulu widget Music Control ya. Anda bisa lihat musik yang sedang saya dengarkan saat ini

Klik tombol kanan atas (lupa namanya apa) dan akan muncul beberapa submenu di widgetnya, seperti tombol volume, Next dan Previous Track serta Pause/Play. Untuk saat ini kita akan klik tombol volumenya ya

Dan ini dia, ada volume controlnya! Silahklan tekan tombol atas dan bawah untuk merubah volume suaranya ya. Lakukan metode yang sama untuk skip track!

Saya yakin, most runners hari ini sudah menggunakan jam Garmin, dan menggunakan tipe-tipe terbaru. Saya yakin trik ini mungkin bukan yang paling efektif, tapi kalau anda memang memiliki lini jam Garmin, ada baiknya anda cek apakah ada fitur Widget Music Control.

Semoga tips nya bermanfaat, happy running and hear good sound!

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: