lari

Road to UIHM 2019 bersama Kostrad – TNI AD

Pagi tadi menjadi hari yang berbeda dibanding sesi lari saya beberapa minggu ini. Kalau biasanya saya hanya berlari sendirian, pagi tadi saya bergabung dengan teman-teman FTUI Runners untuk memeriahkan Road to UI Half Marathon 2019 di area CFD Sudirman. Lebih meriah lagi karena pada acara tersebut, panitia juga mengundang rombongan prajurit dari KOSTRAD untuk berlari bersama!

Jam 6 teng, acara dimulai dengan pemanasan / warming up bersama dengan melakukan stretching dan gerakan-gerakan untuk menaikkan suhu badan kita. Setelah beres pemanasan, rombongan pun berlari dari Fx Sudirman. Rute larinya kali ini adalah Fx menyusuri Sudirman ke arah bundaran HI dan berputar balik ke arah Senayan dan memutar di Bundaran Senayan sebelum finish di FX. Total estimasi jarak pagi ini adalah 10KM.

Selama berlari, namanya lari bareng prajurit tentara, kita “dihibur” dengan lagu-lagu dan yel-yel khas militer! Tema lagunya macem-macem, mulai dari yang menyemangati untuk berlatih dan bertugas, semangat cinta tanah air hingga yang lucu sekalipun, ngga terasa aja setiap kilometer lewat aja sambil mendengarkan suara mereka. Buat stamina dan pace, jangan ditanya.. panitia sibuk ngingetin agar pace larinya jangan dibawah pace 6:30 karena targetnya emang rata-rata di pace 7:00 tadinya. Alhasil, di 3 kilometer terakhir rombongan pun “dilepas” saja untuk lanjut masing-masing ke FX..hehe

Setelah selesai berlari, kami melakukan cooling down bersama kembali sambil meminum Aqua dan Mizone yang disiapkan oleh panitia. Cuaca pagi ini cukup bersahabat sehingga saya pun ngga terlalu banyak minum pagi tadi buat rehidrasi. Acara Road to UIHM ini dipandu oleh MC yang sekaligus alumni dari Universitas Indonesia yaitu Alya Rohali. Mbak satu ini konsisten dalam mensukseskan acara UIHM setiap tahunnya lho..!

Belum cukup sampai disini, panitia masih mengadakan kontes yel-yel diantara regu TNI tersebut! Sekali lagi, mendengarkan yel-yel khas militer tuh seru jatuhnya, karena seperti gabungan antara militer yang tegas namun kadang isi yel-yelnya bikin kita senyum atau malah tertawa. Ditambah lagi gerakan-gerakan khas mereka yang kompak dan seru. Untuk kontes yel ini, panitia menyediakan hadiah uang tunai untuk mereka, mulai dari 5 juta untuk juara pertama! Ini yang bikin kontes menjadi semakin kompetitif jadinya.

Oiya, selain mereka, entah kenapa teman-teman dari UI juga diminta buat menyajikan yel-yel! Yang namanya anak UI kalau ngga siap ya bukan anak UI kan namanya, dan pastinya pede aja dulu kan.. akhirnya kami menyanyikan mars Genderang UI plus “yel-yel khusus UIHM” yang ternyata baru dikarang tadi itu! Seru banget lah pokoknya..

Selesai kontes yel, kami pun kumpul kembali untuk berfoto bersama dan diakhiri dengan acara menari dan joget bersama hingga acara selesai.

Road to UIHM kali ini super seru, dari sesi lari barengnya hingga keseruan setelahnya. Saya juga melihat wajah-wajah gembira dan senang dari para prajurit Kostrad TNI AD saat mereka mengikuti acara pagi ini, antusiasme dan spontanitas mereka pun ada saja yang muncul di sepanjang acara.

Tentang UI Half Marathon

Universitas Indonesia Half Marathon (UIHM) ini adalah event tahunan dari ILUNI (Ikatan Alumni) UI yang sudah dilakukan 3 kali dan ini akan menjadi event ke-4 dari tahun penyelenggaraannya. Sebagai alumni Fakultas Teknik UI, UIHM ini sudah pasti masuk ke list race wajib tahunan kalau schedulenya pas yah, yang saya ikuti adalah pada tahun 2017, kemudian tahun kemarin dan tahun ini pada bulan Juli nanti seperti biasa. UIHM ini diadakan di kampus Universitas Indonesia Depok, berlari mengitari sepanjang area universitas yang rindang dan bebas dari gangguan lalu lintas yang mungkin malah membahayakan kita. Area yang steril ini yang menjadi daya tarik dan ciri khas UIHM.

Walaupun diadakan di kampus Depok, namun untuk menuju kesana saat ini sudah sangatlah mudah, bisa menggunakan mobil pribadi lewat jalan tol Cijago maupun TB Simatupang, maupun menggunakan Commuter Line dan turun di Pondok Cina.

Saat acara Road to UIHM tadi pagi, panitia sudah mengumumkan kepada publik bahwa saat ini slot lari untuk semua kategori sudah habis terjual alias sold out, yang merupakan improvement besar dari animo masyarakan untuk merasakan bagaimana menyenangkannya berlari di area kampus kuning.

Untuk saya sendiri, saya mendaftar untuk kategori 10K saja tahun ini. Dengan kondisi kaki saya (dan badan..hehe), mungkin saya akan berlatih semaksimal mungkin untuk menikmati race day-nya saja nanti lah..

Berikut beberapa foto keseruan pagi ini.. yang sudah daftar, sampai ketemu di Garis Start bulan Juli nanti yaaaa

Terima kasih kepada panitia UIHM yang sudah mempersiapkan acara super setu pagi ini! Sebenernya setiap road to UIHM yang pernah saya ikuti sih selalu seru…hehe

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: