Hidup aktif

Di balik #17dayschallenge

Kenapa melakukan tantangan ini?

OK, kita akan mulai dari yang paling sederhana ini ya, kenapa saya “iseng” melakukan tantangan (diri) buat berolahraga secara intensif selama 17 hari?

Jadi begini, pada dasarnya saya senang bergerak, saya senang olahraga. Bahkan kalau di keseharian saya saja kalau ada jarak tertentu yang bisa saya tempuh dengan jalan kaki, pasti saya jalani. Singapura dan Tokyo adalah tempat favorit wisata saya, karena saya bisa jalan kaki kemana-mana!

Berawal dari kondisi fisik yang sepertinya makin “membulat” sepertinya saya harus mem-break rutinitas “baru” yang bikin saya tambah bulat ini agar tidak semakin menjadi-jadi. Kalau saya pikir-pikir, mungkin injury kaki kanan saya kemarin lumayan memotong aktifitas saya terutama dalam berlari, dan karena kemarin di Jakarta juga baru belakangan ketemu gym di dekat tempat tinggal, saya pun terlena dengan nikmatnya liburan dan segala makanan yang ditawarkan di lingkungan tempat tinggal baru saya.

Dari hal-hal tersebut lah pada saat saya dinas, saya putuskan untuk menghitung hari aktif saya dengan tantangan 17 hari ini.

Kenapa 17 hari ?

Dibutuhkan rata-rata 21 hari untuk seseorang bisa menerima suatu kegiatan yang berulang dalan hidupnya menjadi kebiasaan. Jadi alasan diatas kurang tepat kalau saya bilang sebagai dasar kenapa tantangannya hanya 17 hari.

Saya gunakan 17 hari tersebut semata-mata sebagai hitungan hari menuju kepulangan saya dari tempat dinas, yaitu 17 hari sejak hari pertama tantangannya! Yang akhirnya berakhir tidak sesuai rencana, karena saya harus extended days di tempat kerja hingga akhir minggu..hehe

Bagaimana rasanya?

Kalau ditanya rasanya, walaupun ini hanya 17 hari dari pengertian umum 3 mingguan untuk menumbuhkan suatu kebiasaan, tetap saja 17 hari ini pun saya mendapat banyak manfaat, baik secara mental,psikologis maupun fisik.

Secara mental dan psikologis jelas saya sudah mulai masuk ke tahap “membutuhkan” gerak badan sebagai salah satu kewajiban harian. Sudah seperti makan malam saja lah pergi ke gym dan latihan istilahnya. Dan makin hari, rasa sakit saat latihan gym pun sudah makin bisa saya nikmati (mengerikan juga kalau dipikir-pikir ya..) dan menjadi daily challenge buat saya.

Sebut saja latihan triceps, ini adalah muscle group yang paling saya benci buat latihan. Its like, manfaat dan penampakan fisik tricep sendiri ngga terlalu keliatan kalau berpakaian, padahal sakitnya tuh luar biasa karena memang selama ini jarang dilatih kan. Tapi ya itu, makin mendekati hari ke 17, latihan triceps sudah bisa saya “damaikan” dengan mental saya dan bisa saya press lah setiap pengangkatannya.

Jadi rasanya memang identik dengan latihan fisik pada umumnya, sakit di awal tapi setelah itu ya sudah bisa bagian dari kenikmatan latihannya itu sakit dan nyerinya.

Apakah banyak manfaatnya?

Wah kalau ini ditanya, dibanding dengan tiduran di kasur pegang remote tv ya manfaatnya jauh lebih banyak!

Seperti yang saya tulis, karena latihan gym dan larinya sudah hampir jadi kebiasaan, mental dan psikologis saya semakin terlatih dan lebih bisa fokus. Secara fisik pun lumayan lah perubahan bentuk badan yang terjadi, silahkan liat post saya satu-persatu ya sambil membaca ceritanya.

Apakah saya mau melakukannya lagi ? Jawaban saya adalah “saya kira memang saya sudah melakukannya terus menerus ini”, yang artinya sudah jadi kebiasaan lah pergi ke gym buat latihan dan lari

Jadi kesimpulannya, apabila anda juga mulai merasa jenuh dengan kehidupan aktif anda (lari, gym, futsal, dll) dan anda sendiri pun mulai mempunyai kebiasaan baru yang counterproductive, saya sarankan untuk mencoba melakukan short challenge seperti saya ini. Fokus dengan tantangannya, benefit lainnya pun akan datang sendiri, seperti badan dan core yang bagus, postur lari yang efisien dan lain sebagainya.

Sebagai saran, anda bisa mulai dari tantangan 7 hari atau 10 hari dan makin lama semakin panjang tantangannya. Tips dari saya adalah jangan ragu juga buat beristirahat ya. Recovery is part of training, dan saya sendiri merasakan juga manfaatnya saat saya recovery satu hari karena memang tidak memungkin kan waktunya untuk latihan.

Tetap semangat dan mari berlatih!!

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: