Review Switcheasy Coverbuddy untuk iPad Pro 11

Coverbuddy? Cover… ini casing buat iPad Pro ? Loh.. bukannya sudah pakai Apple Smart Keyboard Folio? Jadi maksudnya ini casing buat gantian dipakai sama keyboard case nya kalau bosen?

Eiiitss.. nanti dulu.. anda mungkin ngga akan percaya kalau casing Coverbuddy ini bisa dipakai berbarengan dengan Apple Smart Keyboard Folio yang mungkin sudah anda punyai juga saat ini ?! Terus.. apa bedanya ? Apa keuntungannya ? Lanjut saja baca tulisan saya ini, mungkin anda juga akan tertarik untuk memilikinya.

Apple Smart Keyboard Folio, tidak ada keluhan soal ini, kecuali..

Kecuali bahwa Smart Keyboard ini kalau digunakan sebagai tablet mode alias untuk membaca atau browsing dalam posisi vertikal itu menjadi suatu hal yang “dibenci tapi dicinta”. Saya suka Smart Keyboard ini! Ini memang pertama kalinya saya memiliki iPad Pro dengan keyboardnya, namun yang mengejutkan saya adalah bagaimana keyboard ini bisa membuat saya ketagihan untuk menulis, untuk membuka keyboardnya dan menarikan jari-jemari saya diatas papan ketiknya. Untuk pekerjaan formal, saya masih mengandalkan Pencil dengan aplikasi note-taking, jadi Smart Keyboard ini masih saya gunakan untuk menulis blog ataupun creative works lainnya.

Mengenai desain, saya sangat menyukai simplicity dari Smart Keyboard ini, berlapis kulit sintetik berwarna gelap-hampir-hitam dengan finishing doff. Papan ketiknya pun simpel dan terkesan “terus terang” saja, tidak ada tombol-tombol fungsi tambahan yang saat ini bisa ditemukan pada produk Logitech Slim Folio Keyboard (kalau ngga salah namanya). Smart Keyboars is simple, dan bagi saya yang juga menjadi hal berbeda dengan keyboard Logitech ataupun merk lainnya adalah penggunaan Smart Connector dan saya cukup menempelkan sisi belakang iPad dengan keyboardnya dan mereka akan menempel secara… magnetik!

Kembali, karena menggunakan Smart Keyboard dengan dilipat kebelakang agar menjadi “tablet mode” ini ngga ideal, saya selama ini memanfaatkan fitur magnet ini yaitu saya melepasnya saat ingin menggunakan iPad secara vertikal, misalnya saat menggambar atau menulis dengan Pencil, meletakkan iPadnya diatas cover Smart Keyboardnya dan mengembalikannya / menempelkannya kembali ke dalam Smart Keyboardnya setelah selesai digunakan.

Disinilah gunanya Switcheasy Coverbuddy ini..

Saat pertama kali melihat iklannya di Tokopedia, saya langsung tertarik namun juga ragu, ini adalah cover tipis yang didesain untuk menempel dengan Smart Keyboard dan Smart Folio, dan langsung terpikir sama saya kalau ngga covernya ketebalan terus connectornya ngga bisa nyambung, atau malah magnetnya jadi kurang nempel dan gampang lepas. Koq sepertinya konsepnya bagus tapi apa iya bisa optimal. Sempat kepikiran kalau saya beli silicone case yang tipis aja mungkin bisa juga kan? Atau ketebalan sehingga connectornya ngga terhubung?! Intinya, saya mikirin sampe bingung sendiri..hehe

Namun karena lama-lama koq males juga ngelepas iPad ini dan jadi berasa “telanjang”tanpa proteksi, akhirnya saya putuskan untuk beli saja deh, apalagi setelah beberapa lama tidak ada produk serupa yang mungkin menyamai fitur yang dimiliki CoverBuddy ini. Dan ini dia review setelah saya pakai dan saat menulis artikel ini pun, casingnya terpakai dengan sempurnya

Semua tentang Switcheasy Coverbuddy

Saat paketnya tiba, impresi pertama saat membuka amplop pembungkus kirimannya adalah packagingnya keren dan terlihat profesional!

Saya suka dengan tagline “World’s first….”, dan mungkin saya juga termasuk beberapa orang pertama yang menggunakannya di Indonesia..halah…

Tidak seperti packing casing pada umumnya, saya harus mengeluarkan slot dari sisi kanan nya untuk mengeluarkan dus yang berisi casingnya

Oiya, CoverBuddy ini memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Mungkin warna putihnya cocok dengan iPad Pro yang berwarna silver ya.

CoverBuddy ini berbahan dasar plastik yang menurut saya tipis dan kelihatannya padat. Pada sisi kanan terdapat slot untuk menaruh Pencil sekaligus mengisi baterainya, sementara di sisi kiri hampir tidak ada perlindungan karena memang harus dibuat “terbuka” agar bisa menempel saat digunakan sebagai keyboard mode dengan Smart Keyboard. tombol power dibiarkan terbuka berupa “coakan”, begitu pula dengan tombol volume, yang menurut saja karena ada slot Pencilnya, tombol tersebut jadi tersembunyi dan agak sulit dijangkau. Saya harus agak meraba-raba kalau mau menekan tombol volume tersebut.

Sisi yang bersentuhan dengan iPad-nya dilapisi dengan semacam beludru juga, seperti yang kita jumpai pada Smart Keyboard, saya suka bagaimana Switcheasy mendesain produknya ini sedemikian rupa agar memang nampak uniform dengan Smart Keyboard dan Folio milik Apple.

Akhirnya saya paham bagaimana cara casing ini bekerja dengan Smart Keyboardnya, yaitu karena casing ini juga memiliki connection plate yang berfungsi menghubungkan iPad Pro dengan Smart Keyboardnya! Jadi semacam pelat induktif istilahnya. Karena awalnya saya sulit membayangkan betapa tipisnya kah casing ini agar smart connector iPad dengan keyboardnya bisa ketemu.

Memasukkan iPad kedalam casing ini tidak ada bedanya dengan casing pada umumnya, masukkan dan langsung snap-in presisi menempel di iPadnya. Dan momen pentingnya adalah saat saya akan menempelkan casing ini ke Smart Keyboardnya, apakah memang akan menempel kuat dan bisa digunakan untuk mengetik seperti biasanya..

VOILA!! Ini dia penampakan CoverBuddy yang menempel ke Smart Keyboard.. keren dan membuat iPadnya jadi semakin mirip laptop..hahahhaaa. Saat ditutup pun tidak ada kelihatan lebih tebal yang signifikan atau apapun, it snaps perfectly!

Jadi sekarang, saat saya akan menggunakan iPad untuk browsing atau menggambar, saya tinggal melepaskannya dari Smart Keyboardnya, meletakkannya diatas meja langsung. Dan saat akan mengetik dengan keyboardnya, tinggal tempelkan magnetnya dan mulai mengetik.. simpel dan fungsional.

Kesimpulannya

SAYA SUKA COVER INI, untuk anda yang memiliki Smart Keyboard dan ingin mengoptimalkan fitur smart connector iPad Pro ini, Switcheasy Coverbuddy ini tepat untuk anda. Tipis, simpel, bahkan memiliki Pencil holdernya sehingga anda bisa membawa keyboard dan tetap mampu mefungsikannya sebagai drawing atau notepad tanpa perlu membawa casing tambahan.

Semoga review ini bermanfaat dan menambah referensi anda untuk bekerja lebih produktif dengan iPad anda!