Apple

Halo iPadOS !

Dari Apple WWDC 2019 beberapa hari lalu, ternyata Apple tidak merilis iPhone 11 seperti yang sudah ditebak-tebak para Tech Reviewer. Apple hanya merilis hardware berupa MacPro terbaru, dan ini jelas saya tidak minta sama sekali, jadi ngga akan saya bahas disini.

Yang akan saya bahas disini adalah salah satu hal baru yang dirilis saat WWDC kemarin dan merupakan hal yang tidak dikira-kira akan muncul, jadi pada dasarnya memang tidak ditunggu-tunggu juga kan?!

Perkenalkan iPadOS

Ya.. iPad akhirnya memiliki Operating Systemnya sendiri! Loh selama ini ? Selama ini iPad menggunakan iOS, yaitu operating system yang sama dengan iPhone, walaupun secara user interface tidak sama banget seperti iPhone yang diperbesar, namun ekosistem dan bahasa pemrogamannya adalah iOS, sehingga kita kenal aplikasi yang jenisnya Universal App yang artinya bisa diinstall di iPhone dan iPad dengan satu pembayaran (misalnya untuk aplikasi berbayar).

Dengan adanya iPadOS, penggunaan iPad nantinya tidak terasa seperti menggunakan iPhone “digedein”, namun menjadi seperti Macbook “dikecilin”! Kenapa bisa begitu, kalau saya baca-baca previewnya di Website Apple, iPad dikemas kembali menjadi device yang lebih informatif dan serba bisa. Beberapa keterbatasan yang ada pada iOS mulai dibuka pada iPadOS ini. Ini beberapa diantaranya:

Home Screen yang lebih padat dengan widget, dengan ini, homescreen iPad tidak terlihat “lapang” lagi seperti saat ini. Widget pun bisa ditampilkan bersamaan dengan aplikasi.

Multi window untuk aplikasi yang sama, misalnya anda membuka aplikasi Notes, kemudian anda bisa membuka Notes lainnya di window lain. Atau dua file Excel bersamaan.. sudah seperti komputer!

Expose, seperti pada Mac, jadi kita bisa melihat aplikasi apa saja yang terbuka saat ini dan berpindah-pindah antar aplikasi tersebut

Copy paste undo lebih mudah dengan gesture atau gerakan jari pada layar iPad

Screen capture untuk website, ini seperti stiching screenshot apabila kita membuat pada sebuah website

Font Management! Yeaaaay.. akhirnya ada kemungkinan untuk menginstall font tambahan, walaupun saya belum kebayang bagaimana aplikasinya nanti ya

Akses ke USB Drive! Ini juga yang ditunggu-tunggu kan

Download Manager! Akhirnya jugaaa bisa mengunduh file lewat Safari

Dan masih banyak lagi.. silahkan kunjungi website Apple diatas untuk list kemampuan iPadOS terbaru ini, yang akan dirilis pada beberapa bulan kedepan.

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: