Tulisan bebas

iPad Pro..Go Pro..

Jadi saya sedang menantang diri saya, apakah saya memang perlu membeli action camera baru menggantikan Gopro Hero 3+ yang (ternyata) saya miliki… Saya sudah mempublish dua video di Channel Youtube saya (yep, ada channel saya) untuk memberikan self verification mengenai videonya di media sosial, karena kalau hanya saya edit dan tonton sendiri, esensi vlog untuk sosial medianya kurang kena.

Yang mau saya ceritakan disini adalah mengenai file handling Gopro dengan iPad Pro yang saya gunakan untuk melakukan video editing. Awalnya, saya memindahkan video-videonya ke Western Digital My Passport Wireless, yang sebenarnya sangat mudah, karena My Passport Wireless ini memiliki slot SD Card dan cukup menekan satu tombol saja maka SD Card tersebut akan ter-copy isinya. Masalah muncul saat saya mau memindahkan video-videonya… atau beberapa video untuk ke iPad Pro untuk saya edit menjadi VLog. Kenapa saya harus melakukan itu ? Kenapa saya ngga gunakan wireless harddisknya aja langsung ? Karena walaupun aplikasi Luma Fusion yang saya gunakan bisa membaca harddisk WD tersebut sebagai external drive, ternyata proses editing dengan file yang dibaca wireless dalam jumlah banyak sangat membutuhkan waktu, sehingga lebih baik filenya dipindah ke iPad dulu baru dibackup ke WD My Passport Wirelessnya.

Menggunakan aplikasi GoPro ternyata lebih unik lagi, karena pada aplikasinya sudah ada fitur untuk video editing bernama Quik, memindahkan file yang banyak walaupun hanya clip-clip 1 menit pun seperti ngga selesai-selesai! Jalan terakhir adalah saya coba fitur Import yang dimiliki iPad Pro. Fitur Import ini adalah kemampuan iPad Pro untuk membaca external media seperti SD Card. Loh.. bukannya iPad ngga bisa ngebaca harddisk eksternal ? Betul, saat ini memang masih dibatasi dengan file media seperti foto dan video dengan struktur penyimpanan yang bisa dipahami oleh iOS. Ini yang kalau saya baca di beberapa review menjadi tricky dan seakan-akan hit-and-miss, ada SD Card dari kamera tertentu yang bisa dibaca, ada juga yang tidak.

Dalam kebingungan diatas, saya pun akhirnya mencoba untuk menghubungkan SD Card nya dengan iPad, menggunakan adapter 3rd party yang saya miliki dengan card reader apapun yang saya punya, dan ternyata iPadnya bisa membaca struktur dan isi SD Card Gopro Hero 3+ saya! Waaah senang banget lah akhirnya file videonya bisa saya pindahkan dengan waktu transfer yang cepat juga.

Poin ini menjadi poin lebih untuk menimbang penggantinya, karena ternyata masih kompatibel dengan perangkat yang lebih baru, paling tidak struktur penamaan medianya..

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: