Sehari-hari

WD My Passport Wireless Pro ngambek tiba-tiba

Karena saya sedang menemani istri saya karena ada keperluan bisnis dengan teman-temannya ke Makasar, artinya ini adalah momen yang pas buat melakukan semacam “field test” terhadap portable mobile equipments yang saya punyai dong.. well, bahasanya rumit ya, maksudnya adalah segala ipad, osmo action dan creative device lainnya untuk beneran dipakai buat mobile traveling kan..

Saya akan tulis mengenai full gadget yang saya bawa saat bepergian ini di tulisan terpisah nantinya. Untuk kali ini saya akan cerita tentang drama yang terjadi dengan wireless harddisk ini. Ini adalah wireless harddisk My Passport Wireless Pro dengan ukuran 2TB. Saya beli ini karena memang pengennya full wireless, terutama karena saya memakai iPad Pro untuk video editing, blogging dan lain-lain yang dengan kata lain, saya ngga pakai laptop sama sekali. Membaca review di internet, produk ini sangat menjanjikan ya, lagipula siapa yang ngga kenal sama Western Digital buat urusan hard disk terutama yang tipe portable.

Nah, dramanya terjadi karena saya hanya membawa satu micro SD berukuran 64GB untuk travelling saya kali ini. Tentunya dengan adanya external harddisk 2TB ya ngga jadi masalah dong. Saya bisa shooting seharian kumpulin konten dan stock photo video, dan setiap malam saya backup. Toh nantinya waktu saya edit video lewat aplikasi Luma Fusion di iPad, aplikasinya bisa membaca langsung dari WD My Passportnya! Untuk pengambilan video sendiri sudah saya set default di 1080 – 60p saja. Belum kelas saya lah ngedit video 4K..hahaha

Ketika malamnya saya akan mencoba memindahkan file-file dari Osmo Action, awalnya lancar hingga tiba-tiba progress bar-nya macet di suatu titik dan ngga nambah-nambah.. OK, saya cancel dan ulangi lagi.. mulai memindahkan data, mulai macet lagi hinga akhirnya lampu indikator yang ada di external harddisnys blinking semua! Ini bukan pertanda baik nih… segera saya matikan dan google apa arti kedipan lampunya, dan artinya memang “ada permasalahan pada external harddisk, hubungi bantuan teknis”

Mulai lah saya bingung ini gimana mau backup file-file hari pertama, apalagi baru besok acara utamanya ?! Saya coba googling di forum dan internet sambil mencoba mentransfer filenya satu persatu dan bukan bulk selection, dan lumayan mulai tercopy satu-satu.. huh, leganya.

Jadi “kelainannya” adalah kalau digunakan untuk bulk transfer, harddisknya eror. Dipakai kelamaan eror juga.. Akhirnya setiap malam saya satu-persatu mentransfer file yang ukurannya satunya bisa 1.2GB dan ada aja yang harus saya ulang-ulang deh.

Tambahan setelah tiba di rumah

Sesampainya di rumah, saya mencoba menghubungkan harddisknya dengan macbook dan mencoba mentransfer file dari micro SD dan ternyata berjalan lancar!

Apakah masalahnya pada wireless hardwarenya, tapi ya seharusnya harddisk ini mampu melakukannya, bahkan sebenarnya bisa digunakan untuk streaming video dari harddisk buat ditonton sama multiple user. Anyway, saya akan coba cari service center Western Digital dan tetap akan saya bawa untuk dicek saja kelihatannya.

Kalau ada yang tahu lokasinya, boleh dishare di kolom komentar di bawah yaaa..!

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: