Apple

iPhone 11 Pro!

Finally, the wait is over..

Mulai dari melihat bocoran-bocoran alias product leak yang beredar di dunia maya hingga review berupa spekulasi dari sumber yang bisa dipercaya, akhirnya terjawab sudah rasa penasaran maksimal para pencinta Apple dengan berlangsungnya Appel World Wide Developer Conference (WWDC) 2019 yang digelar kemarin di Amerika.

Dan dunia pun akhirnya melihat official product of iPhone generasi ke-11 yang diberi nama iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max (panjang ya yang terakhir ini)! Form factor iPhone ini masih mirip dengan iPhone X dan Xs, fullscreen display (tetap) dengan “notch” alias tanduk dengan desain membulat pada sisinya, tidak seperti perkiraan kalau desain iPhone akan kembali “menyudut” seperti iPad Pro.

Secara spesifikasi, jelas dan sudah pasti iPhone 11 ini lebih canggih dari generasi sebelumnya, dari sisi material, kamera, hardware dan sensornya. Anda bisa membaca spesifikasi lengkapnya di website resmi Apple. Yang akan saya tulis adalah beberapa fitur yang menurut saya menarik dan menjadi game-changer kalau ditanya perbandingannya dengan model lainnya atau malah produk lainnya.

Ini bukan review produk ya, hanya istilahnya initial thought saya setelah membaca dan menonton informasi-informasi awal mengenai iPhone 11 Pro ini

Triple camera dengan penempatan yang unik

Yup, sebenarnya ini bukan “barang baru” di dunia smartphone, namun seperti biasanya Apple selalu membuat desain yang unik yang akhirnya membuat produknya mudah dikenali. Berbeda dengan produsen lain yang kebanyakan menempatkan kameranya sejajar dengan sisi panjang atau lebarnya, penempatan kamera dengan pola segitiga dan penempatan lampu flash serta mikrofonnya ini membuat iPhone 11 Pro akan selalu stand out saat digunakan

4K Video dengan 60fps plus stabilization

Buat para konten kreator yang ingin menggunakan gear yang minimalis, iPhone 11 Pro ini sudah paling tepat dengan kemampuannya merekam video hingga 4K pada 60fps, sehingga slow-motion video pun (seharusnya) akan semakin smooth juga

Audio zoom dan in-app video editing

Masih seputar video, sebenarnya audio zoom ini sudah ada di Samsung Galaxy Note 10. Secara pribadi buat saya apakah di Samsung ataupun Apple sekalipun, ini adalah fitur yang “menantang” karena yang namanya audio itu untuk professional usage saja para videomaker masih menggunakan external audio seperti condensed mic ataupun shotgun.

Nah, ini yang menurut saya keren banget! Kalau saat ini kita bisa melakukan editing foto langsung di aplikasi Photos paling tidak untuk basic editing (ini yang selalu saya lakukan dan gunakan kalau hanya mau mengkoreksi shadow dan eksposur), di iPhone 11 Pro kita pun bisa melakukan editing video seperti halnya foto, seperti melakukan cropping, rotating, filter dan image adjustment! Namun untuk membuat dan menggabungkan video seperti menggunakan iMovie sih ngga kali ya?

Night Mode

Ini juga bukan fitur yang kedengarannya baru ya, namun biasanya Apple selalu mempunya cara dan algoritma yang berbeda untuk menghasilkan foto Nigh Mode ini. Kita nantikan saja review detailnya mengenai fitur ini nantinya ya

Selfie…selfie…slofie!

Sudah jelas kebanyakan orang sekarang menggunakan kamera depan lebih sering daripada kamera belakangnya (hayo ngakuuu), dan iPhone 11 Pro juga ditambahkan beberapa fitur baru di sektor per-selfie-an ini.

Perkenalkan Studio High Key Light Mono… apa ini ? High key adalah teknik memotret (biasanya di dalam studio) dimana hasil fotonya akan dibuat lebih terang alias overeksposur, namun tetap dipertahankan detail dan highlight-nya. Sebenarnya ini hanya pengembangan minor dari Studio Mode pada iPhone X dan Xs, kalau sebelumnya hanya menggelapkan latar belakang, sekarang menjadi memutihkannya.

Buat para selfie mania yang pengen berfoto ala-ala studio profesional pasti akan memaksimalkan fitur ini nanti.

Slofie alias slow motion selfie ini adalah video dengan kamera depan namun memiliki fitur slow motion. Kembali, ini juga akan jadi fitur “gimmick” andalan bagi penggemar social media yang senang mengisi Stories-nya dengan video-video selfienya nih..

Zero shutter lag, seriusan?!

Ini fitur yang paling mencuri perhatian saya! Dan anehnya cuma ditulis saja tanpa ada penjelasan detailnya.

Maksud dari “zero shutter lag” artinya adalah saat anda menekan tombol shutter (untuk iPhone berarti menyentuh layar ya), disitulah iPhone akan langsung menangkap fotonya tanpa ada keterlambatan. Setahu saya, untuk kamera non-DSLR saja belum banyak yang zero shutter lag. Ini bener-bener fitur yang bikin saya penasaran pengen nyobain sendiri!

Secara ngga langsung, Apple menyatakan bahwa pengalaman mengambil foto dengan iPhone 11 Pro ini sudah setara dengan kamera DSLR di pasaran.

Itu dia beberapa fitur baru yang menurut saya menjadi unggulan dari iPhone terbaru ini. Lensa wide dan ultra wide buat saya relatif penggunaannya, karena ngga semua orang juga senang memotret dengan field of view yang lebar kan, misalnya lebih suka memotret human interest.

Di bawah ini adalah iklan official iPhone 11 Pro yang dirilis Apple di Youtube dan lumayan menjelaskan produk ini dari sisi software, hardware hingga finishingnya:

Bagaimana dengan anda? Apakah ada fitur lainnya yang anda sukai dan ingin anda coba nantinya ? Silahkan tulis dan share di kolom komentar di bawah ini yaa!

Sambil kita menunggu hands-on produknya.. #ea

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: