Tulisan bebas

Youtube Music sudah hadir!

Beberapa minggu lalu di hari yang random, saya membuka Youtube (seperti biasanya) untuk menonton beberapa video, muncul pop-up notifikasi yang ngga biasanya untuk menawarkan Youtube Music dan layanan Youtube PREMIUM! Wow, apa lagi ini? Namun sebelum saya tenggelam dengan “kebahagiaan” ini, saya mencoba membaca huruf-huruf kecil (yang biasanya pun koq senengnya ditulis dengan huruf-huruf yang keciiil banget) yang secara umum informasinya seperti ini:

“Nikmati layanan Youtube Music dan Premium dengan kelebihan memutar lagu dan video di-background dan pengalaman menonton video bebas iklan.

Layanan ini dapat dinikmati gratis selama 3 bulan pertama dan kemudian akan berbayar sebesar Rp. 79.000 per bulan untuk kedua layanan tersebut”

Sejenak saya berpikir cepat, 79 ribu untuk layanan diatas.. ok saya akan coba trialnya dulu deh 3 bulan sambil berpikir dan mencoba layanannya.

Untuk Youtube Music, saya harus mengunduh aplikasi terpisah di App Store, sedangkan untuk Youtube Video secara otomatis akan memiliki tulisan PREMIUM pada titel interfacenya.

Youtube Music sendiri menurut saya sangat menyenangkan untuk digunakan, salah satu fiturnya adalah apabila saya memililih satu lagu (contohnya satu lagu yang ngga ada di Spotify – DR.PM-Pernah Mencoba), maka secara otomatis aplikasinya akan membuat short playlist dengan genre dan tipikal lagu yang kita pilih tadi.

Jadi saat saya memilih lagu tersebut, antrian di bawahnya otomatis adalah lagu-lagu dari GIGI, KLA Project, Java Jive dan lainnya! Jadi memang sepintas mirip juga dengan Youtube apabila kita memutar video otomatis muncul Recommended list.

Saya akan mereview pengalaman menggunakan Youtube Music dan Premium ini beberapa saat lagi, karena untuk saat ini masih terlalu dini untuk menentukan apakah angka 79 ribu rupiah itu cocok dengan layanan yang diberikan atau tidak. Saat ini pun saya masih berlangganan Spotify Premium untuk membandingkan keduanya selama 1 – 2 bulan kedepan.

Namun secara singkat, mendengarkan lagu lewat Youtube Music dan menonton video bebas iklan adalah pengalaman yang menyenangkan!

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: