Sehari-hari

Perpanjang STNK bisa dimana saja ? Begini caranya..

Seperti warga negara Indonesia yang baik, salah satu kewajiban yang harus dilakukan terutama sebagai pemilik kendaraan bermotor adalah (tentunya) membayar pajak kendaraan bermotor alias STNK.

Well, sebenarnya saya sih ngga baik-baik banget, karena STNK motor yang akan saya bayar sudah “mati” sejak bulan Juni kemarin, tapiiiii… motornya sama sekali ngga saya pakai koq, dan alasan juga kenapa saya belum bayar karena merasa tanggung sekalian nunggu cicilannya lunas jadi ngga perlu meminta surat pengantar dari leasing karena BPKB kan belum diserahkan ke saya.

Namun saya akan tetap menghimbau teman-teman untuk selalu membayar pajak kendaraan bermotornya sebelum jatuh tempo yaaaa

OK kembali ke ceritanya, karena saya tinggal di Depok, saya sempat bertanya-tanya apakah pembayaran pajak ini bisa dilakukan di Samsat Depok atau tidak ya. Setelah googling sana sini, akhirnya saya cukup yakin kalau pembayarannya bisa dilakukan di Depok dan saya memutuskan untuk kesana pagi ini. Samsat Depok buka jam 8 pagi, dan saya pun segera kesana dan tiba sebelum jam 8 pagi.

Saya kesana dengan menggunakan ojek online, sekali lagi, walaupun bisa saja saya kesana dengan motor saya itu, tapi tetap saja saya urungkan niat tersebut. Biar pas aja lah pakai motornya kalau sudah valid surat-surat berkendaranya.

Setibanya disana, tempat pertama yang saya kunjungi adalah Gerai Fotokopi.. ini adalah masukan dari saya, ada baiknya apabila anda hendak melakukan perpanjangan atau pembuatan apapun yang membutuhkan fotokopi, ada baiknya anda lakukan di gerai fotokopi yang ada disana atau disekitar sana. Alasannya sederhana, mereka juga lebih tahu kebutuhan dokumentasi apa saja yang diperlukan dan yang memang ngga perlu pun akan mereka sisihkan dan tidak disertakan! Setelah memfotokopi semuanya, saya segera masuk ke dalam gedung Samsatnya

Di dalam gedung Samsat Depok

Seperti dugaan saya, ternyata di dalam sudah banyak orang juga yang akan melakukan hal yang sama (namanya juga Samsat), dan saya pun sempat bingung mau mulai dari loket mana yaa.. Akhirnya saya pun menanyakan petugas di meja informasi yang ada disana dan setelah dia memeriksa dokumen yang saya bawa dan fotokopi “ini STNK Jakarta ya mas? Nanti mas ke bagian Online DKI sini aja ya, nanti jam 9 bukanya” sambil menunjuk ke salah satu ruang kecil di sudut yang bertuliskan Bank DKI dengan banner “Samsat Online DKI Jakarta”. Wah, ternyata untuk pelat Jakarta ada antrian terpisah, dan saat itu pun belum pukul 8, yang otomatis masih kosong ruangannya.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk keluar sebentar dan (ehm) sarapan pagi di sekitar kantor Samsat itu dulu saja deh, sambil mampir ke ATM Bank DKI untuki mengambil perkiraan biaya pembayaran STNKnya.

Lebih cepat dari yang diduga, jam 8:30an petugasnya sudah datang! Hanya ada saya dan 2 orang lainnya yang datang setelah saya untuk melakukan pembayaran serupa. Setelah petugasnya membuka tirai dan bilik-biliknya serta menyalakan komputer dan lainnya, nama saya pun dipanggil berdasarkan map fotokopian yang diletakkan. Setelah melakukan pemeriksaan dokumen sebentar, saya segera diminta untuk melakukan pembayaran pajaknya dan print surat STNK baru pun segera saya terima! Tidak sampai 10 menit, sudah beres perpanjangan STNK motor saya deh.

Oiya, sesuai dengan banner yang dipasang, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan pembayaran STNK secara online DKI ini:

  • Wajib membawa dokumen asli KTP, STNK dan BPKB serta fotokopinya
  • Apabila pemilik kendaraan tidak bisa hadir, hanya bisa diwakilkan oleh orang lain yang serumah (satu alamat) dengan menunjukkan surat kuasa
  • Apabila masih leasing dan tidak bisa membawa BPKB asli, pengurusan dilakukan di Samsat induk
  • Hanya berlaku untuk kendaraan pribadi saja. Selain itu dilakukan di Samsat Induk.

Demikian share saya hari ini mengenai perpanjangan STNK di lain kota dan mekanismenya. Semoga bermanfaat!

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: