Sehari-hari

Sudah baca Panduan PSBB untuk DKI ?

Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sudah diberlakukan di Ibukota DKI Jakarta sejak 10 April kemarin, dan beberapa kota penunjang Jakarta juga memulai implementasi yang sama mulai hari ini. Setelah melalui pembahasan dan pengkajian yang menyeluruh, akhirnya pemerintah pusat RI memutuskan untuk menerapkan konsep PSBB ini daripada melakukan lockdown seperti yang dilakukan di beberapa negara lain.

Jadi, pada dasarnya PSBB ini bukan lockdown, dan saya sih kadang tertawa sendiri kalau di beberapa acara televisi entah berita maupun hiburan, koq masih ada yang menggunakan istilah itu ya.. Dari beberapa diskusi, seharusnya konsep PSBB yang diterapkan di DKI Jakarta dengan kota penunjang lainnya seharusnya tidak berbeda jauh, toh panduan umumnya berasal dari pemerintah pusat kan.

Kira-kira anda yang kebetulan tinggal di Jakarta nih sudah melihat aturan PSBB ini secara lengkap belum ? Memang di beberapa televisi sudah terus menerus mensosialisasikan beberapa poin penting terkait implementasinya, namun ada baiknya anda coba melihat dokumen yang sudah dibuat oleh Pemprov DKI di website resmi Corona DKI Jakarta. Selain PSBB, disana juga akan anda temukan beberapa artikel dan infografik lainnya seputar Corona dan tentunyaaa… ini informasi yang legitimate alias akurat yaaaa

Anda bisa membaca dan mengunduh panduan PSBB untuk DKI Jakarta disini, saya suka dengan penyajiannya yang simpel dan tepat sasaran sesuai dengan apa yang masyarakat mungkin tanyakan atau butuhkan dalam mensukseskan pelaksanaan PSBB ini. Berikut beberapa poin penting yang saya akan bagikan disini..

Yang perlu dipahami dari konsep PSBB ini adalah, kita hanya keluar rumah hanya untuk kegiatan-kegiatan yang esensial dan mendesak saja. Apalagi pada dasarnya perkantoran kebanyakan diminta untuk melakukan Work From Home (dan ini diatur juga dalam PSBB). Tidak ada yang namanya JALAN-JALAN ke mal, kalau harus pergi ke mal, hanya untuk keperluan yang mendesak…plus.. kalau mal nya dekat rumah tentunya.

Olahraga dan mengajak hewan berjalan-jalan, kalau ini pemahamannya sederhana saja: silahkan tapi lakukan di sekitar rumah, tentunya dengan persyaratan wajib ya, mengenakan masker, melakukan social distancing, tidak bergerombol dan kumpul-kumpul. Sama seperti ke mal, kalau rumah bukan di depan Gelora Bung Karno dan harus naik kendaraan lagi, itu tidak dianggap di sekitar rumah.. hehehee

Yang ini juga menarik untuk memberikan kita panduan yang memiliki keluarga serumah yang bekerja di rumah sakit atau tinggal bersama lansia. Mohon dibaca dan diikuti ya panduannya.

Akhir kata, silahkan unduh dan baca benar-benar panduan PSBB nya, sehingga kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan sehari-hari dengan aman dan bijak. Bagi saya, intinya adalah:

Selalu jaga kebersihan pribadi, latih diri untuk melakukan kebiasaan cuci tangan dan praktek higienis lainnya.

Hanya keluar rumah untuk aktifitas yang diperbolehkan atau mendesak saja dengan mengikuti persyaratan dasarnya

Selamat menjalani PSBB, semoga kita selalu sehat dan bahagia !!

About BangKei

A professional worker who loves to enjoy life through running and other active lifestyle. Enjoy drinking coffee and one of Apple Fanboy fo'real! Doesn't want to think anything too much, life is simple if you know how to be grateful!

%d bloggers like this: